Baterai Lithium Beserta Perawatannya.

Berhubung ada sms dari Mb Maria di Solo, yang menanyakan "Apakah baterainya langsung bisa dipakai atau di charge dulu 8 jam, kayak di handpone?" Maka saya tuliskan apa pendapat saya mengenai pertanyaan di atas.

Mitos di charge 8 jam Sebelum di Pakai

Saya biasa mendengar saran tersebut di dunia handphone. Tapi saya belum tahu pasti mengenai kebenaran saran tersebut. Memang, mungkin, masuk akal kalau alasannya biar cell kimiawi di dalam baterai biar tercampur. Btw, saya masih menyangsikan pernyataan di atas. Saya belum pernah membaca mengenai hal tersebut di atas, baik di koran maupun internet.


Bagaimana Menurut Saya Pribadi
(kebenarannya juga patut di pertanyakan )

Menurut saya, silahkan aja baterai dalam kondisi terisi untuk langsung dipakai. Tidak perlu di charge terlebih dahulu, kecuali emang baterai posisi kosong atau habis. Karena menurut yang pernah saya baca, lupa di mana , baterai lithium tuh ada umurnya. Idealnya 500 x pengecharge-an maka baterai sudah waktunya untuk di ganti. 
Hanya saja, saya tambahkan, bahwa 500x pengecharge-an tuh bukan jumlah mati. lho  Jadi, bisa saja sudah 500x pengecharge-an baterai masih posisi baik dan tidak nge-drop. Kalau ini terjadi sama sampeyan, anggap aja bonus gan . Dan, kemungkinan threatment terhadap baterai sudah bener. Mantap pokoknya.
Sebaliknya, sebelum 500x pengecharge-an baterai sudah nge-drop dan tidak layak pakai lagi. Nah, kalau yang ini menimpa panjenengan, maka ada kemungkinan sampeyan kurang tepat dalam memberikan threatment terhadap baterai.

Tips agar baterai rechargable kita awet.

Mengingat adanya statement bahwa idealnya baterai lithium mesti diganti setelah 500x pengecharge-an, maka yang perlu Agan lakukan yaitu : 
  1. Gunakan daya yang ada pada baterai seoptimal mungkin. Gunakan sampai baterai kondisi bener-bener mau habis. Biar kita tidak membuang umur baterai secara percuma. Tapi perlu diingat, jangan sampai totally habis yak, terutama untuk kamera fuji, benq, samsung, dan kodak. Empat merek tersebut (dalam dunia ane service) bisa terjadi lock lensa atau baterai mesti di desktop buat dapat modal energi.
  2. Lakukan pengecharge-an pada saat baterai kondisi benar-benar lemah atau habis. 
  3. Copot charge, ketika baterai dalam keadaan benar-benar full. Jangan lupa, amati berapa waktu yang diperlukan untuk melakukan pengecharge-an dari baterai kondisi kosong sampai dengan full. Tujuaannya agar kita bisa segera mencabut charge baterai selekas mungkin. Biar kecelakaan seperti baterai gelembung atau hangus charge tidak terjadi. Selain itu, hemat listrik lagi
  4. Taruh baterai di tempat yang hangat dan kering. Jangan sekali-kali di ademin, kayak di masukan lemari es. Sampai saat ini saya tidak/ belum pernah baca baterai dimasukan ke lemari es biar bisa di pakai lagi alias tidak drop lagi
Selain empat hal di atas, ada satu lagi yang lebih baik dilakukan, yaitu lepas baterai ketika kamera tidak dipakai, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Karena dengan melepas baterai, loss power akan terhindar. Begitu juga kerusakan akibat baterai bocor tidak akan menimpa kita.
Nah, sementara itu dulu. Perlakukan baterai anda dengan benar. Jangan lupa , minta agar baterai agan tidak cepet ngedrop . Insya Allah, agan akan dapatkan bonus umur baterai yang lebih lama.:thumb:
Ada pertanyaan, silahkan ditanyakan. Kalau nggak, silahkan baca di manual book yang ada di dalam dus. Sapa tahu ada referensi mengenai threatment baterai kamera agan semua.
Kalau tidak aja, silahkan tepuk tangan buat pemateri kita
Thanks

6 Review:

CV. Karya Putra mengatakan...

kalao buat batrai leptop piye mas??? apa sama juga dengan batrai ini???
salam dari kami http://percetakanponorogo.blogspot.com/

Irsyada Fadli mengatakan...

@ CV. Karya Putra : Tak pikir sih sama Mas. Cm ane blm begitu tahu mengenai baterai laptop teknisnya kayak mana..Cm tau dalemannya aj.

ulfah inggit dayu arimbi mengatakan...

nah mas saya punya masalah ini, batrenya ngedrop padahal baru 2 bulan, dan nggak pernah overcharging.
chargernya kedip-kedip terus.
pernah dicek tukeran sama batre & charge baru (batre saya ke charger baru dan batre baru ke charger saya) hasilnya nggak kedip-kedip sama sekali
solusinya gimana ya mas? makasih

Irsyada Fadli mengatakan...

@ Ulfah inngit dayu arimbi : Baterai bkn di dasarkan umur diitung hari semata melainkan jg berapa x pengecharge-an yg dah dilakukan.
Hmm kok aneh..kl semua diganti pasangannya gk bermasalah @_@ Btw ni baterai & charger apa sih yang dimaksud...Tlng sebutin seri baterai dan chargernya. Thanks

ari gensa mengatakan...

mas, kalo Batre NB 6L di charge di charge desktop/kodok kira2 berapa jam an ya? soalnya saya aja udah 4 jam tetep pas dipasang di kamera gak bisa juga :'( Thx

Irsyada Fadli mengatakan...

Maaf Mas Ari Gensa saya belum tau..belum sempat ngitung sih :
=D
Coba Mas puter balik posisi baterainya. Kl semua normal tak pikir bisa kok di charge.
Thanks

DreamHost Promotion Code